Home » » Pengolahan Susu Sapi Dan Aneka Macam Olahan Dari Susu Sapi

Pengolahan Susu Sapi Dan Aneka Macam Olahan Dari Susu Sapi

Written By Rudi Ardiansyah on Wednesday, September 5, 2012 | 1:06 PM

Susu sapi merupakan minuman berprotein tinggi namun merupakan bahan makanan yang mudah rusak/pecah apabila tidak langsung dihidangkan setelah proses pemerahan. Biasanya susu sapi yang tidak dilakukan proses apa pun setelah pemerahan hanya dapat bertahan selama satu hari, setelah lewat satu hari biasanya susu sapi akan basi. Namun kondisi tersebut membuat manusia kreatif untuk menemukan cara agar susu sapi dapat bertahan lebih dari satu hari. Salah satu cara agar susu sapi dapat bertahan lebih dari satu hari bisa dengan cara pasteurisasi. 
Ilustrasi Pemerahan Susu Sapi
Pengertian pasteurisasi yang didapat dari wikipedia adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, kapang dan khamir. Tidak seperti sterilisasi, pasteurisasi tidak  dimaksudkan untuk membunuh seluruh mikroorganisme di makanan. Pasteurisasi bertujuan untuk mencapai “pengurangan log” dalam jumlah organisme, mengurangi jumlah mereka sehingga tidak lagi bisa menyebabkan penyakit (dengan syarat produk yang telah dipasteurisasi didinginkan dan digunakan sebelum tanggal kadaluwarsa). Baca lebih lengkap di wikipedia.

Lalu apa saja produk makanan yang diolah melalui bahan baku susu sapi? Diantaranya adalah keju, yogurt, es krim, mentega, susu kental manis, susu bubuk, permen susu, dodol, kerupuk susu, dan lain sebagainya karena saya yakin pasti masih ada lagi produk olahan susu sapi lainnya yang belum saya ketahui. Mungkin Anda pun dapat membuat aneka olahan baru dari susu sapi selain yang telah saya sebutkan di atas.

Berbagai macam produk susu sapi tersebut merupakan ide kreatif dari manusia yang dapat memberikan nilai ekonomis lebih kepada konsumen dan juga produsennya itu sendiri. Konsumen mendapatkan beraneka macam olahan susu sapi yang membuat mereka dapat menikmati pengalaman lain dalam mengkonsumsi produk susu sapi, selain itu produsen mendapatkan keuntungan lebih dari produk olahannya seperti menambah pasar karena ada saja orang yang menyukai produk susu sapi walau pun sebenarnya dia tidak menyukai susu sapi apabila diminum. Akan tetapi, biasanya susu sapi yang telah diolah menjadi bahan makanan lain gizinya sudah tidak setinggi apabila dengan meminumnya.

Foto kredit: Fake Cow
*Dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

Search

Loading...
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus